Karimun jawa

Jika anda penyuka wisata alam terutama pantai, nama Karimunjawa sudah pasti sering anda dengar. Karimunjawa merupakan kepulauan yang termasuk kedalam Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Kepulauan ini terdiri dari 27 pulau dimana lima pulau berpenghuni sedangkan yang lainnya tidak. Nama Karimunjawa sendiri menurut legenda ditemukan oleh Sunan Muria yang prihatin dengan perilaku nakal putranya, Amir Hasan, yang kemudian diperintahkan untuk pergi  ke pulau yang nampak kremun-kremun (kabur) untuk memperdalam ilmu agama. Karena tampak kabur (kremun-kremun) jika dilihat dari puncak Gunung Muria itulah muncul nama Pulau Karimun.

Sejak tanggal 15 Maret 2001, pulau ini ditetapkan sebagai Taman Nasional oleh pemerintah Jepara dimana Karimunjawa merupakan rumah bagi 400 spesies fauna laut, terumbu karang, hutan bakau, hutan pantai dan habitat lain seperti Elang Laut Dada Putih, Penyu Sisik serta Penyu Hijau.  Dengan keanekaragaman pesona tersebut, tak heran pecinta traveling yang hobi dekat dengan alam akan dibuat betah berlibur di pulau ini.

Banyak sekali kegiatan yang dapat anda nikmati saat berkunjung ke Karimunjawa. Jika anda ingin menikmati dan berinteraksi langsung dengan biota bawah laut, snorkeling bisa jadi aktifitas pilihan. Selain itu, dengan adanya 27 pulau di kepulauan ini sangat memungkinkan bagi anda untuk mengeksplorasi keindahan beberapa atau seluruh diantaranya dengan kegiatan island hoping. Tak lupa, wisata kuliner yang jadi andalan banyak destinasi wisata bisa anda temukan juga disini.