Raja Ampat

Berkunjung ke kepulauan ini menjadi impian banyak orang baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Tidak aneh karena kepulauan yang merupakan rangkaian empat gugusan pulau yang berdekatan dan berlokasi di barat bagian Pulau Papua ini tengah menjadi primadona dan destinasi idaman pencinta traveling setidaknya lima tahun kebelakang.

Dengan keindahan alam yang masih belum banyak terjamah, Raja Ampat memberi kesan eksotis dengan keindahan misterius yang menggugah rasa penasaran sehingga memunculkan keinginan untuk mengunjungi kepulauan ini. Kepulauan ini sekarang menjadi tujuan para penyela yang tertarik dengan keindahan pemandangan bawah lautnya.

Nama Raja ampat sendiri menurut mitos masyarakat setempat berasal dari seorang wanita yang menemukan tujuh butir telur dimana empat diantaranya berhasil menetas dan menjadi raja sedangkan tiga butir lainnya menjadi hantu, seorang wanita dan sebuah batu. Dalam perjalanan sejarahnya, wilayah Raja Ampat merupakan hunian masyarakat bangsawan dan menerapkan sistem adat maluku dimana tiap desa dipimpin oleh seorang raja. Pada masa penjajahan Hindia Belanda, Kepulauan Raja Ampat menjadi klaim wilayah kekuasaannya bersamaan dengan takluknya Kesultanan Tidore yang sebelumnya merupakan pemegang kekuasaan di kepulauan ini.

Kepulaun ini sangat berpotensi untuk menjadi destinasi wisata. Pasalnya perairan Kepulauan Raja Ampat menurut berbagai sumber, merupakan salah satu dari 10 perairan terbaik diving site di seluruh dunia. Bahkan kelengkapan flora dan fauna bawah air diakui sebagai nomor satu di dunia saat ini. Hal ini diungkapkan pula oleh Dr. John Vero, ahli karang berpengalaman dari Australia, yang dapat mengidentifikasi setidaknya 450 jenis karang selama dua pekan penelitiannya di daerah ini.

Walaupun memakan waktu dan biaya cukup besar, akses menuju Raja Ampat tidaklah terlalu sulit. Wisatawan dapat menggunakan maskapai penerbangan domestik dari Jakarta atau Bali ke Sorong via Makassar atau Ambon. Adapun untuk mejelajahinya, anda memiliki dua pilihan yaitu dengan ikut tur menggunakan perahu pinisi atau tinggal di resort Raja Ampat Dive Lodge.