Taman Impian Jaya Ancol

Taman Impian Jaya Ancol merupakan objek wisata yang terletak di Jakarta Utara dan ditujukan sebagai sebuah kawasan wisata terpadu oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Secara kepemilikan saham Ancol 72% dimiliki oleh Pemda DKI Jakarta, 18% milik PT Pembangunan Jaya dan 10% oleh masyarakat.

Taman Impian Jaya Ancol menunjang kegiatan rekreasi dan resor seperti entertainment, konvensi dan wisata belanja dengan lokasi dekat dengan pantai dan dapat doakses melalui jalan tol, busway dan kereta api. Adapun sarana wisata yang terdepat di Taman Impian Jaya Ancol adalah sebagai berikut:

  • Pantai dan Taman yang merupakan wahana hiburan yang menawarkan pemandangan alam yang sangat tepat untuk melepas penat.
  • Dunia Fantasi (Dufan) dibuka untuk umum sejak 29 Agustus 1986. Dufan merupakan theme park outdoor pertama yang dikembangkan oleh juga sekaligus menjadi kawasan hiburan andalan Taman Impian Jaya Ancol. Mengusung tema Fantasi Keliling Dunia, Dufan memiliki 8 kawasan, yaitu: Indonesia, Jakarta, Asia, Eropa, Amerika, Yunani, Hikayat dan Balada Kera.
  • Atlantis Water Adventure (Atlantis) merupakan theme park kedua di Taman Impian Jaya Ancol yang semula merupaka Taman Rekreasi Air Gelanggang Renang Ancol yang menyuguhkan pengunjung petualangan wisata air yang terbagi kedalam 8 kolam utama, yaitu: Poseidon, Antila, Plaza Atlas, Aquarius, Octopus, Atlantean dan Kiddy Pool.
  • Gelanggang Samudra Ancol (Samudra) merupakan theme berikutnya yang dikembangkan oleh Taman Impian Jaya Ancol setelah Atlantis Water Adventure. Theme park ini mengusung tema edutainment dengan nuansa konvervasi alam yang memberikan pengalaman kepada pengunjung untuk mengenal lebih dekat aneka satwa seperti lumba-lumba, paus putih dan anjing laut. Selain itu, terdapat juga sinema 4D yang mempertunjukan tayangan 4 dimensi. Film yang disajikan berdurasi kurang lebih 15 menit dengan 5 pilihan jadwal pada hari Senin sampai Sabtu dan 2 kali ekstra pertunjukan pada hari Minggu dan hari libur.
  • Sea World merupakan underwater aquarium pertama di Indonesia. Di area seluas 2 ha ini pengunjung dapat menyaksikan secara langsung fauna laut yang beragam dan unik. Selain untuk berwisata, Seaworld juga sangat tepat untuk menjadi tempat edukasi pengenalan satwa laut untuk buah hati anda.
  • Putri Duyung Cottages merupakan penginapan tepi pantai berbentuk cottages. Selain sarana hiburan theme park, Taman Impian Jaya Ancol juga memenuhi keperluan wisata lain dalam bentuk penginapan yang menawarkan fasilitas seperti ruang serbaguna, ruang rapat, fasilitas olahraga ini. Arsitektur Putri Duyung sangat kental dengan perpaduan gaya posmo dan romantisme Indonesia Timur, ditata selaras dengan lingkungan pantai untuk menciptakan suasana yang eksotik.

Selain poin-poin di atas, Taman Impian Jaya Ancol juga memiliki Pasar Seni, grosir-grosir penjual souvenir, Padang Golf Ancol, Pulau Bidadari, berbagai resto, Sky Lift (Gondola) hingga Marina yang merupakan dermaga kapal pesiar (speed boat dan yacht bergaya kosmopolitan yang pertama dan terlengkap di Indonesia.