Museum Kereta Api bandung

Museum Kereta Api yaitu Museum yang baru di buka secara resmi tanggal 21 Juni 2010. Museum ini terdapat barang bersejarah seperti mesin pembuat karcis,mesin bikin tanggal karcis,alat komunikasi telegraf,telepon kayu,dan alat kalkulasi odhever.

Mesin pembuat Karcis tersebut sudah dipakai PT KA juga sebagai mesin pencetakan tiket kereta sepanjang 100 th.

Terkecuali memajang beberapa barang serta piranti-perangkat kuno yang pernah dipakai PT KA di saat lantas, dimuseum inipun kita dapat melihat ilustrasi dari stasiun-stasiun kereta yang ada di pulau Jawa.

Museum Kereta Api terdapat di Graha Parahyangan Museum dan Galerry. Pada awalnya graha ini adalah tempat tinggal dari Ernst Gerard Oscar,seseorang perwira Belanda di Indonesia yang didirikan pada tahun 1927 sesudah saat kemerdekaan. Bangunan dengan luas tanah 2. 100 m2 ini dipakai juga sebagai rumah dinas Kepala Perusahaan Jawatan Kereta Api (PJKA). Lalu bangunan ini dijadikan wisma untuk beberapa pegawai PT.Kereta api Indonesia (Persero) Hingga tahun 2009.

Didalam bangunan ini ada benda-benda dan histori perkeretaapian yang dipamerkan seperti rolling stok (lokomotif,kereta penumpang,gerbong,crane),alat-alat (topi,pakaian,pluit,sepatu),peralatan telekomunikasi,serta yang lain.