Museum Pendidikan Nasional

Museum Pendidikan Nasional ini berlokasi di kompleks kampus Universitas Pendidikan Indonesia,Bandung tepatnya di jl.Setiabudhi No.229.Museum ini menjadi salah satu gedung baru dari perombakan, salah satu perguruan Tinggi negri di tanah Bandung ini.

Museum yang diresmikan tanggal 25 November 2015 lalu, bertempatan dengan Hari Guru Nasional ini terdiri dari 4 lantai yang menyajikan sejarah dunia pendidikan sejak jaman pra sejarah, Jaman kerajaan,jaman colonial,masa kemerdekaan hingga masa kini.

Saat mamasuki lantai 1, kita langsung dihadapkan pada masa jaman pra sejarah ini manusia prasejarah beserta replica alat-alat yang dipakai sebagai media pembelajaran. Disini juga kita bisa mengetahui bagaimana pergeseran pusat pendidikan dari masa kemasa. Saat jaman pra sejarah, manusia belajar di gua,candid an kuil menjadi pusat pendidikan,dll.

Naik ke lanti dua, ada cerita tentang sejarah guru di Indonesia dan took-toko pendidikan Nasional.contohnya cerita mengenai Ki Hajar Dewantara dengan kisah sekolah Taman siswa disajikan detail disini.

Dilantai 3 ada koleksi sejarah pendidikan di Jawa Barat serta cerita tentang UPI.

Sedangkan dilantai 4 kita bisa mengenal mengenai sosok rector UPI dari masa ke masa.