Museum Pos Indonesia Bandung

Museum Pos Indonesia terletak di jalan Cilaki No.73 Bandung,Jawa Barat.Museum ini berdiri sejak zaman Hindia Belanda pada tahun 1933.bangunan ini didesain oleh dua Arsitek J.Berger dan Leutdsgebouwdienst ini bernama Pos Telegrap dan Telepon (PTT). Pada saat perpindahan kekuasaan Indonesia dari pihak Belanda ke Jepang,Museum Pos Indonesia tidak terawatt baik. Hingga pada tahun 1980, perum Pos mengambil inisiatif membentuk panitia guna memperbaiki dan merawat benda-benda koleksi Museum yang bernilai tinggi.

Peresmian museum ini dilakukan oleh Achmad Tahir,Menteri Pariwisata Pos dan Telekomiikasi pada masa itu.untuk para peneliti filateli, Museum pos dan Giro menjadi tempat yang wajib dikunjungi. Museum yang namanya berubah kembali di tahun 1995 menjadi Pos Indonesia ini memiliki koleksi ribuan perangko dari penjuru dunia.

Pada bagian Museum ini terdapat ruang yang memamerkan surat emas, surat dari berbagai rara-raja nusantara. Melalui surat ini kita bisa melihat secara langsung komunikasi raja-raja di Nusantara dengan para penjajah.

Museum ini memiliki beberapa ruangan terpisah yang setiap ruangannya menyimpan koleksi benda pos yang masih terawat dengan baik. Anda dapat mengunjungi museum ini dengan Keluarga ataupun dengan teman-teman. Tentu saja bisa menambah pengetahuan mengenai sejarah dunia pos Indonesia.