Museum Sri Baduga Bandung

Salah satu tempat wisata bersejarah di Bandung yang popular dengan nama Museum Sri Baduga Bandung ini adalah bukti kecintaan warganegara Jawa Barat keturunan suku sunda khususnya mengabdikan sebuah bangunan bergaya suhuan panjang dan panggung khas Jawa Barat.

Museum Sri baduga adalah museum yang terletak di kota Bandung yang terletak di Jalan B.K.R 185 atau jalan Lingkar Selatan dan sangat dekat lokainya dengan lapangan bersejarah di Bandung yaitu Lapangan Tegallega. Didirikan sejak awal tahun 1974, bangunan yang berbentuk seperti rumah panggung dengan suhunan panjang sangat menggambarkan rumah atau bangunan kha Jawa Barat.

Setelah beberapa kali di renovas, tempat bersejarah ini sebelumnya adalah ditetapkan dengan nama Museum Negeri Provinsi Jawa Barat. Dari renovasi pertama ini design dengan Arsitektur yang kekinian atau Modern.

Bangunan ini beserta isinya yang merupakan Peninggalan sejarah dan juga kebudayaan khas Jawa Barat yang mempunyai nilai sejarah dan pendidikan salah satu tempat wisata sejarah di Bandung. Anda dapat jadikan destinasi wisata untuk menghabiskan waktu liburan di Bandung bersama keluarga tercinta.

Museum Sri Baduga ini juga bersejarah nilai tinggi pendidikan yang sangat bagus untuk pengajaran ilmu pengetahuan sejarah Anak-Anak yang masih duduk dibangku sekolah.

Museum Sri Baduga berdiri sejak pada tahun 1990.Melalui kepmendikbud nomor 02223/0/1990 tanggal 4 April 1990 dilengkapi atau ditambahkan dengan nama Sri Baduga yang diambil dari nama salah seorang raja Sunda yang bertahta ditatar pakuan Pajajaran sekitar abad ke 16 Masehi.

Koleksi Museum Sri Baduga

Sebagai salah satu museum yang diperuntukan dikalangan Masyarakat, Museum Sri Baduga bisa dikatakan Museum yang banyak memiliki koleksi Benda-benda Bersejarah seperti Geologika,Biologika,Etnografika,Historika,Numismatika/Heraldika,Filologika,

Keramik,seni rupa dan Teknologi. Tercatat secara keseluruhan, Museum Sri Baduga memiliki tidak kurang dari 5.367 buah koleksi peninggalan bersejarah.

Dimulai sejak Tahun 1989 hingga 1992, Museum Sri Baduga yang telah ditetapkan sebgai cagar dan sejara di Kota Bandung.

Berikut adalah Fasilitas dari Museum Sri baduga yang terdiri dari 3 lantai bangunan museum yang bertujuan agar pengunjung wisatawan dapat memperoleh gambaran singkat dan budaya Masyarakat Jawa Barat.

1.Lantai satu merupakan tampilan perkembangan awal dari sejarah alam dan budaya Jawa Barat. Antara lain dengan menampilkan benda-benda peninggalan buatan tangan dari masa Prasejarah hingga jaman Hindu-Budha.

2.Lantai dua meliputi materi pameran budaya tradisional berupa pola kehidupan masyarakat,mata pencarian hidup,perdagangan,dan Transportasi, pengaruh budaya Islam dan Eropa.

3.Lantai tiga memamerkan koleksi etnografi berupa ragam bentuk dan fungsi wadah,kesenian, dan keramik asing.