BALURAN JAWA TIMUR

Baluran jawa timur merupakan afrika nya Indonesia mengapa demikia , karna suasana disini seperti di padang savana dan terdapat hewan-hewan liar di dalamnya sejauh mata memandang yang tampak adalah padang yang tandus. Tepatnya di daerah Banyuwangi  ada dua tempat yang bisa dinikmati seperti padang savana yaitu Taman Nasioan Alas Purwo dan Taman Nasioal Baluran.

Tempat ini berada di perbatasan kabupaten Banyuwangi dan Situbondo. Pintu utama tempat ini berada di jalan Situbondo-Banyuwangi. Taman nasional ini mempunyai wilayah dengan luas 25 ribu hektare yang mempunyai beberapa jenis Hutan, Satwa, dan Tumbuhan. Hampir seluruh tipe hutan ada di taman nasional ini maka tidak salah apabila hutan ini disebut miniatur hutan Indonesia.

Terdapat 444 jenis tumbuhan yang ada disini, diantaranya tumbuhan asli yang menarik dan khas yaitu widoro bukol,pilang, dan mimba. Banteng (bos javanicus) adalah mascot di taman nasional ini selain banteng ditaman ini terdaoat banyak jenis hewan mamalia diantaranya banteng, kerbau, ajag, kijang, rusa, macan tutul, dan kucing bakau kira-kira terdapat 26 jenis hewan.

Saat memasuki gerbang kawasan ini kita dikenakan biaya retribusi sebesar Rp.5000/orang dan untuk mobil Rp.10.000/hari. Dari pintu gerbang ini kita harus menempuh perjalanan yang cukup jauh kurang lebih 12 kilometer untuk mencapai ke taman nasional.

Memasuki kawasan taman nasional ini pengunjung akan disuguhkan pemandangan hutan musim yang lebat kurang lebih 5km dan apabila sedang musim kemarau hutan ini dominan berwarna coklat. Dan setelah melewati kawasan hutan musim pengunjung akan melewati hutan Evergreen, hutan ini senantiasa hijau sepanjang tahun dan pengunjung akan merasakan sedang berada di terowongan hijau yang sangat segar.

Nah setelah pengunjung menempuh perjalanan yang cukup jauh tibalah pengunjung di Padang Savana Bekol. Padang savana ini memiliki luas 300 Ha dari total 10.000 Ha luas savana yang didalamnya terdapat hutan dan Gunung Baluran. Dan juga terdapat pohon besar yang tumbuh di tengah-tengah padang rumput.

Disini pengunjung akan disuguhkan berbagai macam pemandangan yang cukup menakjubkan. selain hewan liar yang ada disini, pengunjung akan disuguhkan pantai yang begitu indah sangat cocok untuk kita yang ingin ber refreshing dan tempat ini pun meneydiakan berbagai macam penginapan.