GOA GONG PACITAN

Goa Gong merupakan goa terindah di Asia Tenggara mengapa demikian? Goa Gong adalah salah satu tempat wisata yang sangat populer. Pesona keindahan goa ini terdapat pada stalaktit dan stalagmit yang terdapat di dalam goa. Goa ini terdapat di Dusun Pule, Desa Bomo, Kecamatan Punung, Pacitan , Jawa Timur. Berjarak sekitar 37 kilometer dari barat kota Pacitan.

Tempat wisata ini dikelilingi oleh berbagai gunung-gunung non-aktif disekelilingnya diantaranya Gunung Manyar, Gunung Pulut, Gunung Gede, dan Gunung Grugah. Goa ini memiliki panjang 256 meter goa ini muncul karna akibat dari aktivitas vulkanik dan gerakan termik yang berlangsung sekitar ratusan bahkan ribuan tahun silam.

Mengapa goa ini disebut goa gong? Karna konon katanya masyarakat sekitar kerap kali mendengar suara gema tabuhan seperti suara gong yang berasal dari dalam goa. Gong merupakan alat tabuh yang berasal dari pulau jawa. Suara tersebut berasal dari pantulan tetesan air alam goa yang menimpa batuan stalaktit atau stalagmit, bunyi yang di hasilkan sangat indah dan harmonis bahkan saat wisatawan masih di pintu masuk suara tersebut sudah terdengar.

Tiket masuk ke area wisata ini adalah Rp.5000 saja untuk satu orangnya. Saat wisatawan menyusuri goa ini wisatawan akan disuguhkan pemandangan stalaktit yang meneteskan air dari ujung ujung goa yang membentuk laksana danau kecil.

Pilar-pilar stalagmit tumbuh menjulang tinggi saling bertumpuk satu sama lain melihatkan panorama ukiran batuan yang hidup bersamaan dengan tetesan air yang tidak pernah kering. Wisatawan tidak perlu khawatir akan kegelapan di dalam goa, karna di dalam goa ini telah dilengkapi lampu dengan bebagai macam warna menambah keindahan dan daya Tarik tersendiri untuk tempat wisata ini.