KARIMUNJAWA  JAWA TENGAH

Karimunjawa adalah wisata laut yang mulai digemari oleh wisatawan local atau mancanegara. Dengan luas daratan 1.500 Hektare dan luas lautan 110.000 Hektare. Tempat ini berada di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Menurut legenda yang ada pulau ini ditemukan dan diberi nama oleh Sunan Muria. Dan sejak tanggal 15 Maret 2001tempat ini dijadikan taman nasional oleh pemerintah Jepara.

Pulau Karimun jawa merupakan rumah bagi terumbu karang dan Hutan bakau, dan terdapat hampir 400 fauna laut seperti Elang Laut Dada Putih, Penyu Sisik, Dan Penyu Hijau. Tumbuhan Dewadaru merupakan tumbuhan ciri khas di pulau ini.

Di tempat ini terdapat beberapa tempat wisata diantara Wisata alam, seperti Kolam Hiu, Legon Lele, Bukit Love, Bukit Nyamplung, Pantai Batu Topeng, Pantai Ujung Gelam, dan masih banyak lagi. Selain wisata alam disini terdapat wisata kuliner yaitu Karimun Jawajava Culinary Centre di Alun-Alun Karimunjawa. Selain wisata alam dan wisata kuliner disini juga terdapat wisata religi, kita bisa berziarah ke makam Sunan Nyamplung, Sayid Kumbang Dan Sayid Abdullah.

Fasilitas disini sangat minim listrik pun masih amat terbatas, hanya ada di pulau utama dan menyala mulai dari jam 5 sore hingga jam 8 pagi. Disini kita tidak akan menemukan mall atau tempat hiburan lainnya. Dengan fasilitas yang sangat minim tersebut menjadi daya tarik tersendiri Bagi wisatawan karna semua biota laut nya masih amat terjaga dan tidak ada turis berjubel serta tidak ada nya folusi udara di kawasan ini.

Di sekitar pulau ini kita dapat melihat pemandangan alam laut dan pasir putih yang membentang luas serta perbukitan yang sangat indah. Tempat ini sangat cocok dikunjungi karna tempat yang begitu nyaman, asri, dan udara yang sangat segar yang masih sangat terjaga.