KAWAH IJEN JAWA TIMUR

 

Kawah Ijen berada di dalam dua wilayah  yaitu Banyuwangi dan Bondowoso. Kawah ijen berada di ketinggian 2.368 meter diatas permukaan laut dan merupakan bagian dari Gunung Ijen, Gunung Merapi yang masi aktif di Pulau Jawa.

Kawah ini tidak berbahaya hanya saja kandungan belerangnya yang sangat tinggi. Bagi penjung yang berkunjung ke tempat ini disarankan menggunakan masker agar nyaman saat bernafas. Suhu udara disini sekitar 2 derajat celcius maka dari itu bagi siapapun yang berkunjung wajib membawa pakaian hangan dan tebal.

Untuk bisa menikmati kawah ijen kita bisa berangkat dari Banyuwangi maupun Bondowoso menuju ke paltuding, kita harus mendaki kurang lebih 2 jam perjalanan menuju ke atas kaldera yang merupakan lokasi terdekat untuk melihat kawah ijen yang berwarna tosca yang sedang mengepul.

Di sekitar paltuding terdapat penginapan sederhana yang dikelolah oleh dinas kehutanan setempat agar kita bisa mendaki pagi pagi sekali. Dan apabila tidak ingin menginap di penginapan kita bisa mendirikan tenda dan jangan lupa untuk izin berkemah terlebih dahulu.

Kawah ini merupakan danau kawah air ter asam didunia. Kawah ini berada di kawasan Cagar Alam Taman Wisata Ijen kabupaten Bondowoso dan kabupaten Banyuwangi. Setiap hari pada pukul 02.00 hingga pukul 04.00 ditempat ini terdapat fenomena blue fire atau api biru, yang merupakan keunikan dari tempat ini.