TAMAN LAUT NASIONAL BUNAKEN

Indonesia memang kaya akan keanekaragaman laut nya salah satunya adalah Tamana Laut Nasional Bunaken. Tahukah kamu bahwa Laut Bunaken merupakan objek pariwisata yang paling populer di Indonesia bahkan mancanegara. Mengapa demikian ? karna laut bunaken sangat kaya akan keindahan dan pesona lautnya.

Taman Laut Nasional Bunaken memiliki luas 75.265 han, yang didalamnya terdapat 5 pulau yang masuk kedalam taman nasional diantaranya Pulau Naen, Pulau Bunaken, Pulau Manado Tua, Pulau Sinaden, dan Pulau mentehage beserta pulau-pulau kecil disekelilingnya. Terdapat 21.000 ribu penduduk yang menempati ke 5 pulau tersebut.

Pulau Bunaken sendiri terletak di Teluk Manado dan memiliki luas 8 km. Bunaken merupakan taman laut yang mempunyai biodiversitas laut tertinggi di dunia maka dari itu, bunaken menjadi tempat paling utama yang dikunjungi wisatawan lokal atau mancanegara untuk melakukan aktivitas menyelam.

Wisatawan yang melakukan kegiatan menyelam akan disuguhkan berbagai macam keindahan, seperti keindahan 150 spesies ikan dan indahnya terumbu karang dari 58 genus ikan dan terumbu karang yang ada disini. Bunaken memiliki 20 titik penyelaman dari berbagai macam kedalaman, 12 diantara nya terdapat di Pulau Bunaken yang paling sering dikunjungi olah wisatawan.

Taman Laut Nasional Bunaken berada di Laut Pulau Sulawesi dan sebagian taman yang lainnya berada di Teluk Manado. Harga tiket masuk ke Taman Nasional ini sebesar Rp.50.000/orang, sedangkan apabila wisatawan membeli tiket Rp.150.000/orang akan berlaku satu tahun dan wisatawan akan diberikan lencana plastik sebagai pengganti tiket. Alat transfortasi satu satunya yang disediakan di tempat ini adalah perahu motor dari Teluk Manado. Di tempat ini pun sudah disediakan beberapa tempat penginapan yang aman dan nyaman untuk para wisatawan