ADVENTURE

TAMAN NASIONAL GUNUNG RINJANI LOMBOK

Kaldera yang luas dengan danau segara anak yang membiru, dinding terjal dan hutan yang mengelilingi serta gunung-gunung baru yang menyembul di tengah tengahnya serta lereng-lerengnya yang menghijau menjadikan Gunung Rinjani menjadi indah dan menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan yang menyukai wisata alam adventure.

Selain sebagai tempat wisata gunung ini sering dijadika tempat ziarah karna menurut suku sasak dan suku bali gunung ini adalah tempat tinggalnya para dewa. Gunung ini memiliki tinggi 3.726 M diatas permukaan laut dan merupakan gunung merapi tertinggi ke-dua di Indonesia. Lereng-lereng di gunung ini diselimuti oleh pepohonan yang langsung menghadap laut membuat cuaca ditempat ini berbeda dan berperan sebagai sumber mata air di Pulau Lombok. Taman ini merupakan salah satu taman nasional dari 50 taman nasional di Indonesia dan taman ini didirikan pada tahun 1997.

Taman nasional ini membentang luas 41.330 ha yang terletak di tiga kabupaten. Selain puncak gunung rinjani didalam taman nasional ini terdapat berbagai wisata alam lainnya. Pendakian puncak Gunung Rinjani merupakan wisata alam yang paling diandalkan disini, puncak gunung rinjani adalah tujuan besar petualangan dan pencinta alam yang mengunjungi kawasan ini.

Setelah puncak Gunung Rinjani ditempat ini terdapat danau Segara Anak. Disekitar danau ini membentang dataran yang cukup luas yang bisa dijadikan tempat berkemah atau bisa sekedar memancing bahkan bisa berendam di air panas yang mengandung belerang. Di dalam pulau ini terdapat beberapa goa yang bisa wisatawan kunjungi seperti Goa Susu, Goa Manik, Dan Goa Payung. Goa ini bisa dijadikan tempat bercermin diri atau bermeditasi.

Selain tempat-tempat tadi di taman nasional ini terdapat beberapa air terjun yang bisa wisatawan kunjungi untuk berenang atau sekedar berendam sambal menikmati suasana dan keindahan alam di tamn nasional ini. Terdapat Air Terjun Sendang Gila dan Air Terjun jeruk manis. Selain air terjun yang dua tadi ada satu tempat lagi yang tidak kalah menarik loh yaitu Pemandian Otak Kokok Gading yang konon katanya pemandian ini bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit dengan cara merendam dan mandi di air terjun ini. Begitu kaya akan keindahan alam di taman nasional ini menjadikan daya Tarik tersendiri bagi wisatawan tyang mengunjunginya.