WAY KAMBAS – LAMPUNG

Way Kambas adalah taman perlindungan gajah yang terdapat di kota lampung tepatnya di kecamatan,Labuhan Ratu Lampung Timur. Tempat ini merupakan tempat sekolah gajah pertama di Indonesia dan sebagai pusat latihan gajah sumatera. Tempat ini berdiri pada tahun 1985, dengan nama awal PLG (Pusat Pelatihan Gajah) namun beru baru ini namanya berubah menjadi  PKG (Pusat Konservasi Gajah).

Di taman nasional ini terdapat sekitar 200 gajah sumatera yang hidup didalamnya. Bagi para pengunjung yang masuk ke kawasan ini para pengunjung harus memiliki surat izin yang dapat diperolaeh didepan pintu masuk taman atau bias di peroleh atau di kantor Pusat Balai Konservasi Sumber Daya Alam 11 Bandar Lampung.

Untuk pengun jung yang ingin mengahabiskan liburan akhir pekan pengunjung bisa menikmati atraksi gajah seperti gajah bermain bola. Dan pengunjung bias menunggangi gajah sambil melihat lihat pemandagan hutan disini yang begitu sejuk dan udaranya yang sangat segar.

Selain gajah ditempat ini terdapat flora dan fauna yang hampir punah seperti Badak Sumatera, Harimau Sumatera, Mentok Rimba, dan Buaya Sepit. Dan terdapat tanaman seperti Api-Api, Pidada, Nipah Dan Pandan.

Jika pengunjung berkunjung pada pukul 14.00 pengunjung bisa melihat gajah gajah yang sedang dimandikan  sebelum dimasukan kedalam kandang kandangnya. Kita bisa memberi makan gajah yang ada disini atau sekedar memegangnya.